Sabda Ratu

Sabtu, 24 November 2012 warga yang baru saja disahkan kembali melakukan latihan pernafasan di halaman SMA Negeri 1 Dusun Tengah. Kegiatan ini dilakukan pada malam hari. Pada malam itu juga Ambalan R Susilo mengadakan acara di sekolahan, hanya tempatnya agak terpisah.

Warga PSHT menamakan kegiatannya dengan nama SABDA RATU yang merupakan kepanjangan dari SABtu DAlu RA sah TUru. Artinya para warga PSHT pada hari sabtu malam tidak tidur sore, melainkan memanfaatkan waktu malam itu untuk latihan pernafasan. Apalagi bagi warga Setia Hati Terate, bulan Muharam adalah bulan yang baik untuk menempa diri dan berinstrospeksi.

Adapun anggota pramuka Ambalan R. Susilo menamakan kegiatannya dengan nama SALAM JANAH. Gerakan pramuka ini memberi nama SALAM JANAH mempunyi arti SAbtu maLAM JANji AmanaH. Kegiatan salam Janah di awali dengan pembacaan Sandi Ambalan, dilanjutkan pemberian materikepramukaan dan pada tengah malam diadakan renungan malam.

Adalah pak Sastro yang membidani kedua acara tersebut, dan pak Sastro pun ikut pada kedua acara malam itu. Salam Janah dan Sabda Ratu, dua acara sekaligus yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dusun Tengah.

Manfaat pernafasan perut diantaranya adalah (dari http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/06/manfaat-latihan-pernafasan-perut/) Latihan pernafasan dengan menahan dan menekan nafas di bawah perut (abdominal pressing) merupakan aktifitas pelatihan otot-otot daerah perut. Kegiatan tersebut dapat membakar timbunan cadangan lemak yang dapat mengganggu penampilan (perut gendut dan selulit). Disisi lain akan diperoleh meningkatnya kemampuan dan kapasitas vital paru-paru, meningkatnya Hb darah, meningkatnya elasitas/kelenturan pembuluh darah, tekanan darah cenderung menuju normal. Hal ini akan memperlancar pendistribusian zat makanan dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, juga akan mempermudah pembuangan sisa-sisa pembakaran. Dengan lancarnya jalur ini kotoran-kotoran seperti kolesterol dan lemak yang berlebihan akan mudah tersingkir dan mengurangi kemungkinan “panas dalam”. Dengan kata lain tubuh menarik (langsing berisi) dapat diperoleh melalui senam pernafasan ini, dengan catatan latihan harus rutin dan diimbangi dengan pola makan yang benar. Pelatihan gerakan melalui jurus-jurus memiliki keistimewaan mengencangkan otot-otot sebagai penunjang penampilan.

Pengenalan terapi senam pernafasan yang menyertakan do’a (menurut keyakinannya masing-masing) dalam pemusatan kosentrasi dapat meningkatkan ketenangan batin /kedamaian yang dapat tersiratkan dalam pancaran wajah yang bersinar (memiliki aura cerah) jauh dari stress, murung, emosi dan keputusasaan yang sering terwujudkan wajah kusam kurang menarik.

Hasil yang diperoleh setelah beberapa kali melakukan senam pernafasan ini akan langsung kelihatan, tubuh menjadi segar bergairah, nafas bertambah longgar dengan tercermin pada wajah yang bersinar, otot-otot menjadi kencang dan liat. Dan juga jangan kaget bila hasilnya ganda, misalnya tidak hanya percaya diri dalam penampilan tetapi juga sekaligus menyembuhkan penyakit-penyakit yang diderita dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s